Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PROSEDUR SYARAT PENYEDIAAN BARANG DAN MATERIAL


A. PROSEDUR SYARAT PENYEDIAAN BARANG/MATERIAL














1. Proses Pembelian









PT. PANEN MAS INDONESIA melakukan pengendalian terhadap pengadaan produk yang dibeli dan pengendalian terhadap pemasoknya merupakan salah satu realisasi agar dapat sesuai dengan persyaratan pelanggan.
















2. Informasi Pembelian









Fungsi ini dilakukan oleh bagian Purchasing. Disampaikan secara jelas dan tertulis informasi pembelian yang harus menguraikan produk/jasa yang dibeli, termasuk bila sesuai: Persyaratan kesesuaian produk/jasa, prosedur, proses dan peralatan yang dibutuhkan;








Persyaratan kualifikasi personil apabila dalam pengadaan jasa keahlian;


Persyaratan Sistem Manajemen QHSE.
















3. Verifikasi Produk/Jasa Yang Dibeli







PT. PANEN MAS INDONESIA menetapkan dan menerapkan pemeriksaan atau kegiatan lain yang diperlukan untuk memastikan bahwa produk/jasa yang dibeli memenuhi persyaratan pembelian yang ditentukan sesuai dengan mutu yang dibutuhkan dan produk minimal berstandar SNI.


















4. Pengendalian Pembuatan dan Penyediaan barang material



PT. PANEN MAS INDONESIA merencanakan dan melaksanakan pembuatan dan penyediaan material dalam keadaan terkendali. Kondisi terkendali harus mencakup, jika berlaku :





a. Ketersediaan informasi yang menguraikan karakteristik produk;


b. Ketersediaan instruksi kerja;






c. Pemakaian peralatan yang sesuai;






d. Ketersediaan dan pemakaian sarana pemantauan dan pengukuran;


e. Implementasi pemantauan dan pengukuran;





f. Implementasi kegiatan penyerahan dan pasca penyerahan.














5. Validasi Proses









PT. PANEN MAS INDONESIA mengesahkan setiap proses untuk ketentuan produksi dan servis jika hasil akhir tidak dapat diverifikasi oleh pengawasan atau pengukuran selanjutnya dan sebagai konsekuensi, ketidasesuaian hanya terlihat setelah produk digunakan atau diservices.


















6. Identifikasi dan Mampu Telusur







PT. PANEN MAS INDONESIA mengidentifikasikan kegiatan dan barang yang dilakukan dengan cara memberikan kode, penomoran atau cara lain yang spesifik di seluruh proses kegiatan. Identifikasi tersebut sangat diperlukan agar dapat ditelusuri, apabila terjadi ketidaksesuaian atau perubahan jasa yang diberikan.














































































7. Kepemilikan Pelanggan








PT. PANEN MAS INDONESIA bertanggung jawab terhadap milik pelanggan, baik itu dokumen atau barang lainnya selama dalam pengendalian dengan identifikasi, verifikasi, melindungi dan menjaganya. Jika milik pelanggan hilang, rusak, harus dilaporkan ke pelanggan dan rekaman tindakannya dipelihara.


















8. Preservasi Produk/Pelayanan







PT. PANEN MAS INDONESIA memelihara kesesuaian produk selama proses di internal dan penyerahan kepelanggan. Preservasi ini harus mencakup identifikasi, penanganan, pengemasan, penyimpanan dan perlindungan.
















9. Pengendalian Sarana Pemantauan dan Pengukuran




PT. PANEN MAS INDONESIA memastikan ketepatan dan kebenaran hasil sehingga alat pengukuran harus dikalibrasi (dengan standard nasional/internasional - ketetapan internal) secara berkala atau sebelum digunakan, diberi status kalibrasi dan diijaga dari kerusakan atau kesalahan penanganan. Jika alat ditemukan menyimpang dari ketelitian yang diinginkan, maka hasil pengukuran harus diproses dan diambil tindakan terhadap produk yang terpengaruh. PT. Kartika Bina Medikatama memiliki kebijakan tidak berinventasi pada alat ukur. Oleh karena itu, proses pengukuran dilakukan oleh sub kontraktor atau oleh lembaga yang ditunjuk oleh PT.PANEN MAS INDONESIA.














Posting Komentar untuk " PROSEDUR SYARAT PENYEDIAAN BARANG DAN MATERIAL"