Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelayanan Kereta Api di Indonesia dan Solusi Permasalahan Kereta Api di Indonesia

 


Pelayanan Kereta Api di Indonesia

Pelayanan adalah hal yang sangat menentukan kenyamanan masyarakat yang akan mempengaruhi minat masyarakat untuk memilih alat transportasi umum yang akan digunakan. Apabila pelayan yang diberikan buruk maka akan memperkecil minat masyarakat untuk menggunakan alat transportasi tersebut. sementara jika pelayanan yang diberikan bagus, maka akan meningkatkan minat masyrakat.

Khususnya pada bidang perkeratapian di Indonesia, pelayanan yang diberikan banyak berhubungan dengan dua aspek, yakni pelayanan intra(dalam) dan pelayanan ekstra(luar) kereta. Walaupun berbeda, namun  kedua hal ini saling terkait dalam peningkatan kenyamanan untuk pengguna kereta api.  Jika hanya salah satu dari aspek ini yang terlihat baik, maka sudah dapat dipastikan tingkat kenyamanan dan kepuasan pengguna jasa kereta api di Indonesia tetap akan rendah.

Setiap periodenya, pengelola jasa layanan kereta api di Indonesia terus berbenah dan meningkatkan pelayanannya. Salah satu cara yang telah dilakukan oleh PT. KAI adalah dengan menyediakan jasa pemesanan tiket menggunakan sistem online. Cara ini digunakan agar masyrakat tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mengantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan tiket. Selain itu bentuk pembenahan lain yang dilakukan oleh PT. KAI adalah dengan membuka kelas baru, yaitu kelas ekonomi AC. Kelas ini memng salah satu terobosan yang sangat ampuh untuk meningkatkan minat masayarakat untuk menggunakan jasa PT. KAI.

Walaupun begitu masih banyak hal yang menurut masyarakat harus diperbaiki. Mulai dari sistem pelayanan tiket. Walaupun sudah menggunakan sistem pelayanan online, namun masyarakat masih merasa kurang puas. Karena memang masih minimnya jumlah tiket yang diberikan kepada masyarakat. Ini dapat dilihat dari fakta di lapangan. Masih banyak penumpang yang terlantar karena masih kurangnya pengetahuan masyarakat tentang sistem online ini.

Jika pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI telah dapat melayani masyarakat hingga memberikan kepuasan sesuai dengan apa yang diharapkan, disaat itulah pelayanan yang diberikan bisa dikatakan memuaskan.

Solusi Permasalahan Kereta Api di Indonesia

Mengangkat masalah masalah yang tersebut diatas merupakan hal yang berasal dari masalah sepele sampai ke masalah yang memerlukan penanganan yang lebih lanjut. Masalah yang dituntaskan secara bertahap dengan prioritaskan yang mendesak. Solusi yang mungkin segera di lakukan adalah, peremajaan umur kereta api dengan penanganan teknisi yang mendetail ke seluruh kereta api, mulai dari badan kereta, mesin, sampai fasilitas penunjang di dalam kereta api tersebut. Sistem rute jalur yang digunakan menjadi factor penting dalam perbaikan. Dengan keadaan rel yang masih kokoh dan berumur panjang, akan mengurangi ancaman kecelakaan. Di lain hal diatas, perbanyakan armada kereta api dengan rute yang sama akan memudahkan dalam pengendalian sistem keberangkatan dan kedatangan tanpa harus menunggu lama. Stasiun yang kurang layak guna juga dapat menjadi masalah yang penting. Di sisi lain masalah alam yang bisa saja datang secara tiba-tiba walaupun sudah diprediksi juga menjadi masalah yang sulit untuk ditangani, hanya saja dapat diantisipasinya.

Pemerintah dengan penganggaran yang lebih, diutamakan untuk perbaikan sarana dan prasarana kereta api karena kereta api dapat menjadi salah satu  alternative solusi kemacetan di kota-kota besar. Dengan perhatian yang lebih ke kereta api, akan memunculkan surplus untuk pemerintah, jika banyak orang-orang yang lebih memilih menggunakan kereta api untuk mobilitas.Parahnya lagi jika memasuki suasana lebaran yang penumpangnya lebih banyak memilih menggunakan kereta harusnya kenyamanannya lebih ditingkatkan.

Permasalahan yang menjadi orang-orang enggan atau kurang minat menggunakan jasa kereta api adalah fasilitas pendukung dalam kereta api. Mereka menganggap kalau fasilitas yang mereka dapatkan kurang dapat membuat nyaman selama perjalanan. Penyedia fasilitas dengan harusnya lebih menjaga agar tetap baik dan membuat nyaman. Kebersihan merupakan salah satu alasan ketidaknyamanan dalam kereta. Beda kelas, beda pula perlakuan fasilitas kebersihannya, seharusnya walaupun beda tetap memenuhi standar yang ada. Sebagai contoh ada kereta yang benyak sampah yang berceceran tanpa ada yang membersihkan. Ketertiban dalam kereta api juga seharusnya dijaga, tidak hanya penjaga kereta, penumpangpun juga begitu. Pedagan asongan bila perlu dilarang masuk kalau sampai mejadi pengganggu ketertiban di dalam kereta.

Posting Komentar untuk "Pelayanan Kereta Api di Indonesia dan Solusi Permasalahan Kereta Api di Indonesia"