Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Holding Bay

 


Holding Bay

Pada lapangan terbang yang mempunyai lalu lintas padat perlu dibangun  Holding Bay. Dengan disediakannya  Holding  Bay maka   pesawat   dari   apron   dapat   menuju   ke   landasan   dengan cepat dan memungkinkan sebuah pesawat lain untuk menyalip masuk   ujung   landasan   tanpa   harus   menunggu   pesawat didepannya yang sedang menyelesaikan persiapan teknis.

Keuntungan-keuntungan Holding Bay antara lain : 

Keberangkatan   pesawat   tertentu   yang   harus   ditunda karena   sesuatu   hal,   padahal   pesawat   tersebut   sudah masuk   taxiway   menjelang   sampai   ujung   landasan,  tidak menyebabkan   tertundanya   pesawat   lain   yang   adadibelakangnya. Pesawat dibelakangnya bisa melewati pesawat didepannya diholding bay.  

Penundaan pesawat depan misalnya untuk penambahan   payload   yang   sangat   penting   pada   saat sebelum lepas landas, penggantian peralatan rusak yang diketahui sesaat sebelum tinggal landas.  

Pemeriksaan   altimeter   (alat   pengukur   tinggi)   sebelum terbang   dan   memprogram   alat   bantu   navigasi   udara apabila tidak bisa dilaksanakan di apron. 

Pemanasan mesin sesaat sebelum lepas landas.  

 

Holding Bay bisa juga digunakan sebagai titik pemeriksaan Aerodrome   untuk   VOR   (Very   Omny   High),   karena   untuk pemeriksaan itu pesawat harus berhenti untuk menerima sinyal dengan benar. Ukuran Holding Bay tergantung pada :  

Jumlah dan posisi pesawat yang akan dilayani ditentukan oleh frekuensi pemakaiannya.ipe-tipe pesawat yang akan dilayani. 

Cara-cara   /   perilaku   pesawat   masuk   dan   meninggalkan  

Holding Bay.

 

           Ditentukan pula bahwa kebebasan antara pesawat yang sedang diparkir dengan pesawat yang melewatinya, yaitu ujung sayap pesawat, tidak boleh kurang dari 15 m, apabila pesawat yang bergerak adalah tipe turbo jet, dan 10 m apabila pesawat yang bergerak adalah tipe propeller. Lokasi Holding Bay harus ditempatkan diluar area kritis yaitu   sekitar   instalasi   ILS   (Instrument   Landing   System)   agar  terhindar dari gangguan pada peralatan Bantu pendaratan

Posting Komentar untuk "Holding Bay"