Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEMERIKSAAN TITIK LEMBEK ASPAL (SNI 06-2434: 2011)

PEMERIKSAAN TITIK LEMBEK ASPAL (SNI 06-2434: 2011)

Pemeriksaan Titik Lembek Aspal ((Softening Point Of Asphalt (Ring And Ball)) SNI 06-2434: 2011 Metode ini dimaksudkan sebagai acuan dan pegangan dalam pelaksanaan pengujian titik lembek aspal. Tujuan metode ini adalah untuk menemukan angka titik lembek aspal yang berkisar 30ºC sampai 200ºC dengan cara ring and ball. Ruang lingkup pengujian ini adalah menentukan titik lembek aspal padat dengan cara ring and ball. Hasil pengujian ini selanjutnya dapat digunakan untuk menentukan kepekaan aspal terhadap suhu. Aspal adalah material termoplastik yang secara bertahap mencair, sesuai  dengan pertambahan suhu dan berlaku sebaliknya pada pengurangan suhu. Namun demikian perilaku/respon  material aspal tersebut terhadap suhu  pada  prinsipnya  membentuk suatu spektrum/beragam, tergantung dari komposisi unsur-unsur penyusunnya. Percobaan  ini  diciptakan karena pelembekan (softening)  bahan-bahan  aspal, tidak terjadi secara sekejap pada suhu tertentu, tapi lebih merupakan  perubahan  gradual seiring penambahan suhu. Oleh sebab itu, setiap prosedur yang dipergunakan/di-adopt  untuk menentukan  titik  lembek aspal atau ter, hendaknya  mengikuti sifat dasar tersebut, artinya penambahan suhu pada percobaan  hendaknya  berlangsung secara gradual dalam jenjang yang halus. Metoda Ring and Ball yang umumnya diterapkan pada bahan aspal dapat mengukur titik lembek bahan semi solid sampai solid. Yang dimaksudkan dengan titik lembek adalah suhu pada saat bola baja, dengan berat tertentu mendesak turun suatu lapisan aspal yang tertahan pada cincin berukuran tertentu. Sehingga aspal atau ter tersebut menyentuh bidang pelat dasar yang terletak di bawah ring atau cincin dengan ketinggian 25,4 mm. Mendesaknya bola baja disebabkan aspal yang meleleh oleh pemanasan tertentu. Peralatan yang digunakan adalah sebagai berikut : Termometer, Cincin kuningan, Bejana  gelas  tahan  pemanasan  mendadak  diameter  dalam  8,5  cm  dengantinggi sekurang-kurangnya 12 cm, kapasitas 800 ml, Dudukan benda uji, lengkap dengan pengarah bola baja dan plat dasar yang mempunyai  jarak tertentu, Stopwatch, Kompor dan Kuali (Tempat memasak aspal), Spatula, Desikator.


Persiapan Benda uji adalah aspal sebanyak 25 gram yang dipersiapkan dengan sebagai berikut :

Panaskan aspal perlahan-lahan sambil diaduk terus menerus hingga cair merata, dengan ketentuan pemanasan dan pengadukan dilakukan perlahan-lahan agar gelembung-gelembung udara tidak masuk. Suhu titik lembeknya dan untuk aspal tidak melebihi 111ºC diatas titik lembeknya. Waktu untuk pemanasan tidak melebihi 30 menit sedangkan untuk aspal tidak    melebihi 2 jam, Panaskan 2 buah cincin sampai mencapai suhu tuang, dan letakkan kedua cincin diatas pelat kuningan yang telah diberi lapisan dari campuran talk dan glycerol, Tuangkan sampel ke dalam2 buah cincin, diamkan pada suhu sekurang-kurangnya 20°C didalam desikator sekurang-kurangnya selama 30 menit.

Urutan proses dalam pengujian ini adalah sebagai berikut :

Pasang dan aturlah kedua benda uji diatas kedudukan dan letakkan pengarah bola diatasnya. Kemudian masukkan seluruh peralatan tersebut kedalam bejana gelas, Isilah bejana dengan air suling baru, dengan suhu 25 °C sehingga tinggi permukaan air berkisar 800ml, Letakkan termometer yang sesuai untuk pekerjaan ini diantara kedua benda uji (kurang lebih dari 12,7 mm dari tiap cincin). Periksa dan aturlah jarak antara permukaan pelat dasar dengan dasar benda uji sehingga menjadi 25,4 mm. Letakkan bola-bola baja yang bersuhu 5°C diatas  dan  ditengah  permukaan  masing-masing  benda  uji  yang  bersuhu  5°C  menggunakan penjepit alat dengan memasang  kembali pengarah bola. Tahan temperatur 5ºC±1ºC selama 15 menit, Panaskan bejana sehingga kenaikan suhu menjadi 5°C permenit. Kecepatan pemanasan ini tidak boleh diambil dari kecepatan pemanasan rata -rata dari awal dan akhir pekerjaan ini. Untuk 3 menit pertama  perbedaan kecepatan pemanasan tidak boleh melebihi 0,5°C.




Posting Komentar untuk "PEMERIKSAAN TITIK LEMBEK ASPAL (SNI 06-2434: 2011)"