KOMPONEN RUMPUT SINTETIS / ARTICAL TURF



Produk artificial turf generasi ketiga/3G dapat bervariasi dalam hal desain dan pabrikasinya, pada umumnya terdiri dari :
  1. Rumput sintetis/Artificial turf, terdiri dari: pile/helaian rumput, biasanya terbuat dari polyethylene (PE) dengan bahan backing utama polypropylene (PP) yang membentuk struktur dan mengatur jarak pile menjadi jalinan. Backing kedua/sekunder berupa cairan poliuretan (PU) atau lateks untuk mengikat pile pada backing.
  2. Stabilising infill, digunakan untuk menjaga serat PE vertikal saat digunakan, pada umumnya adalah pasir silika.
  3. Performance infill, memberikan tingkat pantulan yang sesuai sehingga mengurangi cedera dan memberikan feel/rasa serupa rumput alami.
SBR (Styrene Butadiene Rubber), remah karet yang terbuat dari ban bekas, sekitar 83% pemasangan menggabungkan bahan ini.
EPDM (Ethylene propylene diene monomer) berbahan plastik thermoset yang tidak bisa direformasi (dilebur) menjadi produk yang lain.
TPE (elastomer termoplastik) adalah senyawa karet sintetis bersifat termoplastik yang dapat dicairkan kembali sesuai kebutuhan.
Infill organik terdiri dari gabus alam maupun campuran gabus dan serabut kelapa yang spesifik untuk masing-masing produsen.
  1. Shock pad, pada beberapa instalasi shock pad dipasang di bawah rumput sintetis untuk meredam pantulan sehingga dapat mengurangi jumlah penggunaan performance infill.
Instalasi SBR umumnya tidak menggunakan shock pad.
EPDM, TPE dan infill organic lebih mungkin untuk menggunakan shock pad, selain karena biaya yang lebih tinggi dengan penggunaan shock pad kepadatan isi dapat dikurangi untuk mempertahankan karakteristik performance.


Post a Comment

2 Comments

👍👍 keren nih.. baru tau.. 😁