Pengenalan Teknik Sipil

by Admin on January 6, 2012

Teknik sipil adalah sebuah cabang ilmu teknik yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kehidupan manusia dari masa lalu sampai kini. Teknik sipil adalah profesi tertua kedua didunia. Sebagaian contoh dari bangunan-bangunan infrastruktur teknik sipil meliputi rumah untuk tinggal, gedung tinggi, anjungan lepas pantai, tower listrik, dam, saluran irigasi, pelabuhan, jembatan, jalan, rel kereta api dan lain-lain. Sebagaimana bisa dilihat dari contoh-contoh yang disebutkan, ilmu teknik sipil mempunyai cakupan yang cukup luas. Karena itu pada umumnya bidang teknik sipil biasanya dibagi-bagi lagi menjadi beberapa sub-bidang keahlian, diantarannya:

  • Bidang keahlian struktur
  • Bidang keahlian transportasi
  • Bidang keahlian geoteknik
  • Bidang keahlian sumber daya air
  • Bidang keahlian manajemen rekayasa konstruksi
  • Bidang keahlian rekayasa sistim bangunan (building system engineering)
  • Bidang keahlian informatika sipil

Dibawah ini, akan coba kita jabarkan berbagai bidang keahliah yang ada di teknik sipil:

  • Bidang keahlian struktur biasanya berhubungan kekuatan, keamanan dan stabilitas dari suatu insfrastruktur atau bangunan. Jadi tugas seorang ahli struktur adalah merencanakan dan menghitung rangka-rangka utama dari suatu bangunan insfrastruktur sehingga bangunan itu kuat, aman, stabil dan tidak lupa ekonomis. Beberapa hal-hal utama yang dibahas dalam bidang struktur termasuk perencanaan beton bertulang, perencanaan beton prategang, perencanaan struktur baja, analisis struktur, perencanaan struktur akibat beban gempa dan juga angin, perencanaan gedung, perencanaan jembatan dan lain-lain. Didalam bidang struktur juga dibahas tentang perilaku dari bahan-bahan yang biasa digunakan untuk bangunan infrastruktur seperti beton, baja dan kayu. Adalah tanggung-jawab dari seorang ahli struktur untuk mengetahui bahan mana yang sesuai untuk digunakan dalam sebuah proyek pembangunan infrastruktur.
  • Bidang keahlian transportasi biasanya membahas mengenai masalah yang berhubungan dengan planning, perencanaan, dan operasi dan manejemen sarana transportasi seperti jalan raya, rel kereta, bandar udara, pelabuhan dan lain-lain. Ilmu-ilmu yang perlu dipelajari biasanya meliputi penentuan geometri jalan, perencaan dari perkerasan jalan, sistim transportasi dan juga mengenai pengelolaan dan manajemen dari sarana transportasi.
  • Bidang keahlian geoteknik adalah bidang yang berhubungan dengan fondasi dan tanah yang mendukung fondasi. Fondasi adalah bagian dari bangunan yang paling bawah yang didisain untuk menerima beban dari struktur diatasnya. Tercakup dalam bidang ini adalah penyelidikan tanah untuk mengetahui jenis, daya dukung dan kedalaman lapisan keras atau batuan dari suatu daerah.
  • Bidang keahlian sumber daya air adalah bidang yang berhubungan dengan air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Masalah utama yang dibahan dalam bidang ini meliputi hidrolika (permukaan dan bawah tanah), mekanika fluida, irigasi dan waduk atau bendungan.
  • Bidang keahlian manajemen rekayasa konstruksi adalah bidang yang berhubungan dengan pelaksanaan sebuah proyek konstruksi atau pembangunan seperti penjadwalan pekerjaan, pengorganisasian proyek, perhitungan biaya konstruksi, dan lain-lain untuk menjamin sebuah proyek selesai tepat waktu dan ekonomis.
  • Bidang keahlian rekayasa sistim bangunan (building system engineering) adalah bidang yang berhubungan dengan efisiensi energi dibangunan komersial dan industri dan juka penggunaan energi terbarukan. Bidang ini biasanya membahas masalah manajemen energi, bangunan intelegensi, pengolahan bangunan, energi terbarukan dan juga pemodelan dari pergerakan energy dibangunan.
  • Bidang keahlian informatika sipil merupakan bidang baru yang menggabungkan bidang sipil dengan informatika. Karena dijaman moderen ini, banyak sekali bidang-bidang teknik sipil yang berhubungan erat dengan bidang informatika terutama dibidang perhitungan numerik. Sebagai contoh, aplikasi metoda elemen hingga biasa ditemukan untuk analisis struktur, analisis daya dukung tanah, hidrolika, mekanika fluida dan lain-lain. Sebelum dibentuk bidang ini, biasanya penggunaan perhitungan numerik cukup dilakukan oleh ahli teknik sipil. Akan tetapi dengan semakin rumitnya masalah yang dihadapi dalam bidang teknik sipil seperti mencoba menganalisa perilaku bahan baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Ini memerlukan teknik perhitungan numerik yang cukup rumit sehingga diperlukan bantuan dari ahli imformatika. Hal-hal yang dibahas dalam bidang ini termasuk teknik perhitungan numerik seperti metode elemen hingga (finite element method), metode perbedaan hingga (finite difference method), dan metode volume hingga (finite volume method). Juga dibahas adalah metode pemograman untuk membuat program-program seperti yang disebutkan diatas dan penggunaan CAD (Computer Aided Design) untuk mendukung dan mempermudah pelaksanaan sebuah proyek.   

 

Share and Enjoy

{ 8 comments… read them below or add one }

Andre Faria July 13, 2012 at 9:36 am

Saya suka Bidang keahlian informatika sipil…..

franco da costa October 4, 2012 at 1:49 am

pagi bapa/bu bagi saya, saya suka Bidang keahlian struktur bangunan yaang berhubungan dengan kekuatan, keamanan dan stabilitas karena keluarggaku mau tinggal di rumah yang aman…

muliyono October 24, 2012 at 11:59 am

saya suka dgn adanya situs teknik sipil, saya akan coba memperdalam kajian ilmu teknik sipil karna teknik sipil berhubungan dengan pekerjaan saya sehari hari,mrancang & mengerjakan secara manual, bentuk bangunan tradisional.

Ikhsan August 27, 2014 at 9:52 am

*.Bidang keahlian manajemen rekayasa konstruksi

*.Bidang keahlian rekayasa sistim bangunan (building system engineering)

kra” yg pas buat saya apa ya ??

Admin August 27, 2014 at 10:25 am

Waduh tidak tahu apa yang kira-kira pas buat anda, gak tahu latar belakangnya.

Ikhsan August 27, 2014 at 8:30 pm

Hehehe …

fitra atmajaya August 28, 2014 at 5:09 pm

min bidang keahlihan struktur sama bidang keahlihan transportasi bagusan yg mana ya?

makasih.

Admin August 29, 2014 at 1:59 am

Sama saja, lebih baik milih bidang keahlian karena suka.

Leave a Comment

Cara Mudah Membangun Usaha Tour & Travel

Previous post:

Next post: