Keuntungan bahan bangunan beton

by Admin on October 3, 2009

Beton dibanding bahan bangunan yang lain mempunyai beberapa keuntungan, diantarannya:

  • Mudah dibentuk sesuai dengan keinginan
  • Tahan lama dan memerlukan sedikit perawatan, jadi lebih ekonomis
  • Mempunyai daya tahan yang bagus terhadap karat dan tidak mudah lapuk
  • Tidak mudah terbakar
  • Ketahanan terhadap angin yang berkecapatan tinggi (kencang)
  • Tidak dimakan serangga atau rayap

Ini adalah beberapa alasan yang dapat dipertimbangkan apabila anda hendak memilih beton sebagai bahan bangunan.

Share and Enjoy

{ 12 comments… read them below or add one }

nextandy December 16, 2011 at 10:01 am

Materi Yang bagus, Makasih

arieef December 17, 2011 at 7:40 am

Gimana cara menghitung tahan lamanya beton?

fajar January 2, 2012 at 11:46 am

om klo mw mengerjakan proyek, tapi alat berat gak memungkinkan masuk. . .
tuh cara’a gimana yak. .?

Admin January 4, 2012 at 10:55 pm

Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa terjadi pada beton, seperti akibat karat (korosi, corrosion), lingkungan yang bersulfat dan reaksi alkali agregat (Alkali Aggregate Reaction). Misalnya pada beton bertulang, salah satu penyebab kerusakan adalah korosi yang terjadi pada tulangan akibat serangan dari kloraid (chloride) ion. Jadi kalo kita mau menghitung berapa lama ketahanan beton terhadap korosi, maka tinggal kita hitung saja berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai elemen beton bertulang itu runtuh atau tidak layak pakai sebagai akibat dari masalah korosi. Ada tiga tahap yang terjadi dalam proses perusakan beton akibat korosi: (1) tahap inisiasi, (2) tahap pembentukan korosi sampai retak di beton mulai terjadi dan (3) tahap perambatan retak sampai runtuh. Yang dimaksud tahap inisiasi adalah waktu yang diperlukan oleh chloride ion dari permukaan beton sampai ketulangan dengan konsentrasi yang cukup banyak sehingga dapat menyebabkan terjadinya korosi di tulangan. Ditahap kedua terbentuknya korosi dengan volume yang lebih besar dari besi asal akan menyebabkan tegangan tarik pada beton disekitar tulangan. Karena ketahan beton akan tegangan tarik rendah, maka pada besar kemungkinan beton akan mulai retak pada waktunya. Korosi akan terbentuk terus dan retak akan merambat sampai beton runtuh. Jadi untuk kasus korosi ini, jika kita mendapatkan waktu untuk tahap 1 adalah 30 tahun, tahap 2 adalah 10 tahun dan tahap 3 adalah 5 tahun, lamanya ketahanan beton bertulang terhadap bahaya korosi adalah 30+10+5 = 45 tahun. Untuk jenis masalah yang lain, misalnya karena pengaruh sulfat, beton akan rusak dalam waktu 50 tahun. Dan seandainya kualitas agregatnya yang bagus, jadi tidak ada ancaman reaksi antara agregat dan alkali, maka waktu 45 tahun adalah yang terpendek dari ancaman-ancaman yang munkin terjadi dibeton untuk kasus ini. Jadi untuk contoh ini ketahanan betonnya adalah 45 tahun.

Admin January 4, 2012 at 10:57 pm

Wah repot juga yah klo gak bisa masukan alat berat kelokasi project. Ini karena lokasinya terpencil ato gimana? Gak bisa bikin jalan akses sementara?

Admin January 4, 2012 at 10:58 pm

Makasih..

rama June 28, 2012 at 12:05 pm

min,mau tanya..saya kan masuk di teknik konstruksi gedung,nah apa tugas nya apa selalu nggambar2 mulu?padahal saya nggambar aja jelek min..mohon masukan nya..thanks

Admin July 5, 2012 at 2:46 am

Gambarnya orang teknik sipil bukan menggambar seni/indah seperti orang arsitektur. Kita mah menggambar teknik untuk pelaksanaan dilapangan. Jadi tugas arsitek untuk menggambar bangunan yang indah dan menarik, kemudian orang teknik sipil menghitung struktur dari bangunan tersebut (seperti balok, kolom dll) dan men transfer hasil hitungannya kedalam bentuk gambar yang biasanya berisi ukuran dari komponen-komponen strukturnya, bahan yang akan digunakan (beton, baja, atau kayu) dan jika beton, berapa tulangan yang harus disediakan dll. Selamat belajar semoga sukses…

jedija December 23, 2013 at 7:38 pm

sya bru msuk kuliah dgn mngambil jrusan teknik sipil umum. Untk mmbuat beton bertulang pda rmh umumnya ukuran beton itu brpa?

Admin December 24, 2013 at 6:00 am

Secara umum dimensi atau ukuran dari elemen struktur seperti balok, kolom dan lain-lain bergantung pada bentang/atau panjangnya dan juga beban. Untuk rumah tidak tingkat, cukup kolom praktis (15 cm x 15 cm). Tapi kalau untuk rumah bertingkat, gunakan kolom 20 cm x 20 cm atau lebih dan balok 20 cm x 30 cm atau lebih. Semoga membantu!

irmay March 31, 2014 at 2:13 am

tahun ini saya baru lulus SMA dan sudah mendaftar snmptn undangan ambil teknik sipil. tapi saya masih belum punya gambaran tentang apa saja yang dipelajari di teknik sipil. mohon info dan bantuannya, apa saja yang dipelajari, yang harus dikuasai, dan yang harus dipahami dalam teknik sipil? terima kasih

Admin July 15, 2014 at 2:27 am

Leave a Comment

Cara Mudah Membangun Usaha Tour & Travel

Next post: