Gaya: Hal-hal yang Perlu Diketahui

by Admin on September 30, 2014

Pengetahuan mengenai gaya adalah sangat penting dalam mempelajari statika atau mekanika rekayasa (teknik). Seperti kita ketahui, mekanika rekayasa mempelajari perilaku suatu sistem struktur jika dikenai gaya/beban. Berikut adalah hal-hal penting dari gaya yang perlu kita ketahui:

  1. Secara sederhana, gaya merupakan aksi dari satu objek terhadap objek lainnya. Sebagai contoh, sebuah truk yang melewati jembatan bisa dipandang sebagai beban/gaya yang bekerja pada jembatan. Jembatan sebuah objek, demikian juga truk. Struktur jembatan bagian atas juga bisa ditinjau sebagai beban dari sudut pandang struktur bawah jembatan/fondasi.
  2. Gaya, yang merupakan sebuan besaran vektor, biasanya ditentukan oleh besar, garis kerja (arah) dan titik tangkapnya. Uraian yang lebih detail bisa dilihat pada pengenalan statika.
  3. Gaya bekerja pada arah tertentu. Garis yang berimpit dengan gaya disebut garis kerja gaya. Titik tangkap gaya umumnya dapat dipindah-pindahkan sepanjang garis kerjanya, baik bergerak maju ataupun mundur.
  4. Jika gaya bekerja pada sebuah objek, maka akan ada gaya reaksi dari objek tersebut yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan. Kedua gaya tersebut mempunya gari kerja gaya yang sama. Secara singkat dikatakan AKSI=REAKSI.
  5. Efek dari gaya pada suatu titik yang tidak terletak pada garis kerja gaya adalah sebuah tendensi memutar yang besarnya adalah perkalian antara gaya dan jarak dari titik tersebut ke gaya (lengan momen). Positif atau negatif sebuah momen ditentukan berdasarkan perjanjian tanda.

 

 

Leave a Comment

Previous post:

Next post: