Jembatan Rangka Batang

by Admin on November 30, 2014

Jembatan rangka batang adalah sebuah jembatan yang terdiri dari batang-batang (biasanya batang lurus) yang dihubungkan dengan sambungan sendi hingga membentuk rangka segitiga  yang akan mengalami tegangan akibat gaya tarik, gaya tekan, atau kadang-kadang keduanya jika terkena beban-beban dinamis. Jembatan rangka batang adalah merupakan salah satu tipe jembatan tertua diantara jembatan-jembatan masa kini. Tipe struktur jembatan mudah didesain dan murah untuk dibangun karena efisien dalam penggunaan bahan-bahan konstruksi. Untuk keperluan analisis struktur umumnya jembatan-jembatan rangka batang ditinjau sebagai batang-batang yang dihubungkan dengan sambungan sendi. Analisis yang lebih rumit mungkin harus dilakukan jika sambungannya dibuat kaku sehingga menyebabkan momen pada batang yang relatif besar.

Keuntungan-keuntungan dari jembatan-jembatan rangka batang adalah ekonomis, ringan, kuat dan menggunakan batang-batang yang pendek. Jembatang rangka batang mempunyai kekuatan yang baik karena mereka terbuat dari segitiga-segitiga yang disusun satu dengan lainnya. Keuntungan lain dari jembatan rangka batang ini adalah jembatan bisa dibangun pada tempat yang memadai dan setelah selesai diangkut kemudian dipasang pada tempat yang dimaksud, walaupun ini tidak selalu dapat dilakukan. Ini membuat jembatan rangka batang sangat cocok untuk digunakan untuk jembatan yang membentang diatas jalan raya atau kereta, karena dapat meminimalkan gangguan pada lalulintas pada jalan raya atau kerena api tersebut. Sedangkan kerugian jembatan rangka batang antara lain umumnya membutuhkan ruang yang lebih luas dan bisa kadang-kadang menjadi gangguan pada pengendara.

Bentuk jembatan rangka batang yang dikenal luas antara lain bentuk rangka batang Warren (the Warren tuss), rangka batang Pratt (the Pratt truss) dan rangka batang Howe (Howe truss). Rangka batang tipe Warren adalah yang paling biasa dan juga paling sederhana, hanya segitiga disusun satu dengan lainnya. Jembatan rangka batang tipe Warren tanpa penyokong vertikal umumnya digunakan untuk jembatan bentang pendek, sedangkan yang dengan penyokong vertikal dapat digunakan untuk jembatan dengan bentang yang lebih panjang. Jembatan rangka batang tipe Warren umumnya digunakan untuk jembatan dengan bentang antara 50 m sampai 100 m. Jembatan rangka batang tipe Pratt dibangun dengan pendukung diagonal miring kebawah mengarah ketengah kecuali pada bagian ujung-ujung jembatan. Jembatan rangka batang tipe Howe adalah kebalikan dari rangka batang tipe Pratt, karena bukan miring kebawah mengarah ketengah bentang tetapi miring keatas mengarah ke tengah bentang. Karena orientasi batang diagonal ini, maka batang-batang diagonal ini akan mengalami gaya-gaya tekan sehingga mahal untuk dibangun dan oleh karena itu jarang terlihat.

 

 

Leave a Comment

Previous post:

Next post: