Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho)

by Admin on April 1, 2013

Pemerintah Jepang kembali membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa asal Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas-universitas negara tersebut sebagai research student untuk tahun akademis 2014.

“Pendaftaran Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) tersebut mulai dibuka 1 April 2013,” kata Konsul Muda Jepang di Medan Akiro Saito di Medan, Senin (1/4).

Peminat pada waktu menjalani ‘research student’ diperbolehkan melamar ke program master, doktor atau meneruskan program doktor setelah menyelesaikan program master , apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas-universitas yang bersangkutan.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika melamar adalah minimal kelahiran 2 April 1979, IPK dari universitas tempat belajar terakhir minimum 3,0 atau nilai EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) minimum 260 dalam jumlah dua mata ujian tidak termasuk Bahasa Jepang Kemudian Nilai TOEFL minimum 550 atau ekuivalen atau lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang Tingkat 2.

Bagi yang lolos seleksi akan mendapat beberapa kemudahan seperti selain tiket pergi pulang, uang masuk universitas, uang kuliah yang dibiayai dengan beasiswa Monbukagakusho, para mahasiswa akan menerima uang setiap bulannya sebanyak 143.000 yen untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Formulir pendaftaran dapat diambil secara gratis di Kedutaan Besar Jepang pada bagian pendidikan, mulai pukul 08.30-15.30 WIB, atau di Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan.

Formulir pendaftaran juga dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp. Dokumen lamaran harus dikembalikan kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 30 April 2013, dapat diserahkan secara langsung atau dikirim melalui pos.

“Keterangan lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat diperoleh di Kedutaan Besar Jepang, bagian pendidikan Telephone: 021-3192.4308 Ext: 175, 176 atau Email : beasiswa@dj.mofa.go.jp,” katanya.

Pada tahun akademis 2013, sebanyak 35 orang mahasiswa telah lulus ujian dan berangkat ke Jepang sebagai ‘research student’ dengan rekomendasi dari pihak Kedutaan, selain itu juga sebanyak 92 orang mahasiswa direkomendasikan oleh universitas.

Sehingga, total sebanyak 190 orang mahasiswa, termasuk program lainnya, telah berangkat ke Jepang. Pada saat ini, sebanyak 2.276 orang mahasiswa sedang belajar di Jepang dan di antaranya 634 orang merupakan mahasiswa penerima beasiswa Monbukagakush. (Ant)
(*/redaksi@wartaekonomi.com)

{ 2 comments… read them below or add one }

criztho June 5, 2014 at 12:32 pm

biasa kirm melalaui di sini

Admin June 5, 2014 at 2:12 pm

Gak Bisa

Leave a Comment

Previous post:

Next post: